Tuesday, November 22, 2011

Ada apa dengan Randi?




Kalian tau Randi Hasiholan? Tidak? Mari saya perkenalkan. Gambar diatas adalah Randi. Pembukaan yang sangat keren.

Randi adalah seorang yang sangat ceria. Dia bisa ngedance dikit dikit. Bisa nge rap. Pinter nyanyi. Dan tentu saja berbakat ngibul. Dia juga memiliki hidung yang sangaaat eksotis. 

Tapi hari ini dia sedikit berbeda..

Mata pelajaran terakhir adalah Bahasa Inggris. Kebetulan saya udah selesai speaking, jadi boleh balik ke kelas. Karena ke kelas bosen ga ngapa ngapain, saya jbjb sama Lope Randi Maktal. Mereka kayaknya mau ambil batas. Muka mereka keliatan.

Kenapa mereka yang ambil batas? Karena kelasnya sedang belajar Agama Islam sementara mereka berbeda agama. Jadi mereka yang ambil. 

Pas mau ngambil, Lope sama Maktal udah tancep gas duluan. Sementara Randi nemenin saya manggil Tesa.


"Mir, pokoknya elu harus ikut ya pas ngambil batas di 8A."


"Iya ndi. Tenang aja. Beres sama gue mah. Eh Tesa, mau ikut ambil batas gak?" saya teriak. Tesa lagi beres beres meja. Terus dia tiba tiba langsung lari sambil teriak "IKUTTT!"  


Mam Yuli yang lagi didepan tiba tiba nyegat Tesa "Heh heh heh kamu sini sini."


Saya kabur sama Randi. 


Tesa terjebak.


Untung Mam Yuli ngizinin saya. Kirain saya mau balik ke lab gitu. 

"Mampus Tesa dicegat." kata Randi sambil ketawa ketawa gajelas. Saya ikutan.

Lalu saya bingung. Katanya Randi mau ngajak ke 8A, tiba tiba belok ke kanan. Ternyata ke kantin. Geblek abis. Sempet sempetnya -_- masalahnya kalo saya naik ke kantin, Mam Yuli pasti liat. Dan saya pasti ga selamat -_-


Terus pas udah sampe deket tangga. Randi dengan gaya gajelasnya ngoceh ngoceh sama Lope. Gatau mereka memperdebatkan apaan. Halah palingan asesoris berbi yang terbaru.


Tiba tiba Maktal turun rusuh manggil manggil nama saya.


"Mira mira mira! Masa tadi Lope mau dorong gua dari atas tangga. Gila , mau banget gua mati."


Emang kondisi tangganya licin kena ujan, dan itu cukup tinggi. Lope menggunakan gaya kesetrum belut listriknya sambil bilang "Engga! Engga!" Sementara Randi bilang...



"Kalo elo mati, gue harus bilang WOW gitu?"


Randi ngangkat alisnya, ekspresi ngocol.


Maktal diem.


Saya diem.


Lope break dance.


Lalu kami mendengar suara anak 9E yang lagi ngambil nilai nyanyi sama Bu Nora. Kalo boleh jujur, saya juga mau liat. Tapi mengingat kondisi badan saya yang.....pen...kurang tinggi, jadi saya gaknyampe. Akhirnya Randi dan Maktal yang ngeliat. Disitu mereka ngeliat Carlo yang lagi menghayati lagu. Dengan ekspresi lipsync, geleng geleng kepala, sampe ngelap air mata. Bahkan Abduh sampe geleng geleng liat Carlo mau ngelap ingus di bajunya. Kemudian Randi sama Maktal mundur.


"Kocak tau nyanyinya." Kata salah satu dari mereka. 


Ketika Randi mau ngeliat sambil jinjit dan jalan, tiba tiba....



Jendela dibuka.



DUK!


Terdengar suara jedukan yang keras dari sebuah kayu keras dan kepala batu.


Benturan antara kepala Randi Hasiholan dan jendela yang dibuka.


Maktal diem. Cengok. Hening. Nyengir. Ngakak.


Randi dengan gaya freestyle megang kepalanya. Tapi dia ga bersuara. Sementara Maktal masih ngakak sambil megangin bahu Randi yang kesakitan megang dahinya yang kejedot , sangat keras.


Anak 9E mulai ngeliat siapa yang kejedot. Sebagian dari mereka berdiri. Randi nunduk biar ga diliat. Maktal masih ngakak banget. Saya sama Lope gatau apa apa. Tiba tiba Maktal cerita dengan semangat. Kami ikutan ngakak sambil megangin kepala Randi yang kini ga sanggup jalan.


"Panggil Ambulance! Tolong! Tolong!"


"Gendong dia! Ia lemah tak berdaya!"


"Ndi, benjol gak?"

Dan seterusnya, Randi masih terdiam kesakitan memegang kepala.

Beberapa saat kemudian, saya mau lewatin kelas 9F, tapi agak takut. Jadi Maktal nutupin di sebelah kiri saya. Sementara Randi masih tampak cedera bersama Lope yang mendampingi.


"Ndi, lu gausah over reakting gitu. Ngomong ngapa!"


Kasian Randi, udah sakit, dibentak, disuruh gak sakit lagi.


Setelah sampai di meja piket, tampak guru piket, Pak Gigih yang lagi serius ngisi TTS sama guru TU. Terus tiba tiba kami dateng bagaikan setan pengganggu.


Maktal yang duluan nyampe.


"Pak, ambil batas gak?"


"Kan belum bel." Jawabnya , masih sambil serius ngisi TTS.


"Yaudah belin ya pak!" 


"Enak ajaa. Tunggu aja deh ntar aja." katanya lagi.


"Yaudah. Bantuin ngisi TTS ya paaak."


Disini kita udah mulai gerecokin Pak Gigih yang lagi serius seriusnya. Tapi beliau juga terbantu berkat kami. Ya, walaupun saya gak jawab samasekali akibat gabisa baca terbalik, dan Randi masih cedera otak. Makanya Lope dan Maktal yang cerewet jawab ini itu sambil tunjuk ini itu. Randi yang mulai pulih pun juga ikut ikut jawab. 


Dan pertanyaan Randi pun terlontar begitu saja. Ia membuka cover depan TTS itu, lalu melihat dengan Maktal gaada 'gambar' yang mereka cari.


"Biasanya ada gambar ceweknya." Kata Randi.


"Iya ya biasanya ada gambar cewek bergaya gitu didepan. Disobek ya pak?"


"Iya ini disobek bocah." kata Pak Gigih sambil ngelirik saya. "Dibuat mainan sama Amira. Diuwel uwel gitu." Saya ketawa.

"Amira pinter...ngerti ayahnya gaboleh lirik cewek lain." kata saya.

"Amira siapa?" tanya Lope.


"Anaknya Pak Gigih." jawab saya.


"Ih waw! Setau gue mir itu nama yang di sinetron Putri Yang Ditukar mir! Ih berarti Pak Gigih penggemar sinetron itu ya. Terinspirasi dari PYD." Kata Lope cerewet. Pak Gigih masih tetep diem , serius sama TTS nya.


"Au ah gue bingung Amira dituker tuker mulu. Tadi anaknya Ihsan, terus Prabu, terus Pak Gigih. Maunya apa sih Amira?" ketus Randi kesel. Kita diemin dia. 


Lalu pas lagi mencari cari soal gampang, tiba tiba Lope nunjuk nunjuk soal.


"PAK! Air susu ibu pak. ASI pak! Itu tuh cepet jawab pak!" kata Lope semangat sambil loncat loncat. Maktal bilang "Iya bener!" 


"Ah tardulu jangan jauh jauh , bagian atas dulu, baru bawah. Jauh amet loncat ke nomor itu."


Mampus lu pe. Kicep kan. Makanya jangan terlalu semangat sama hal gituan.


Tiba tiba guru TU bilang.


"Ini pasang pasangan ya. Ini sama ini, itu sama itu." Kata beliau sambil nunjuk saya - Randi, Maktal - Lope bergiliran. Saya sama Randi berpandangan..


"Iya kan kita pasangan musisi ya ndi!"


"Yoi mir!"


Kita langsung tos. Tos yang pertama salah. Terus ulang lagi. Yang diakhiri oleh tonjokan Randi yang menyakitkan -_- Sementara Lope - Maktal masih najis najisan.

Tiba tiba Lope sama Maktal pake muka licik liatin Pak gigih.

"Waaah Pak Gigih pinter ya ngisi TTS."


"Iya itu hampir kejawab semua."


"Eh katanya kalo dikirim ke redaksi bisa dapet uang kan ya?"


"Iya pe! Kan ada di buku Bahasa Indonesia."


"Wah bisa nih pak kan kita bantuin bapak, uangnya dibagi bagi gitu pak. Ya ga pak ya ga?"


Maktal Lope muka memohon. Pak Gigih masih serius dengan TTS nya. Mereka langsung balik kanan ngelus ngelus dada.


Dan setelah Maktal membunyikan bel (disuruh Pak Gigih), kami pun ambil batas.


Pertama 9A, 9B, 9C, dan disitu saya diingetin.

"Mir! Udah bel loh itu sepatu orang lu colong ntar dicariin aja." Randi ngingetin.



"Oh iya! Makasih ndi udah ngingetin!"


Iya, itu jadi sepatu nganggur, praktis untuk di pake dari lab. Daripada ribet pake sepatu saya. Yaudah saya sewa itu sepatu. Dan masih belum saya balikin. Saya lari lari dengan cepet ke lab. Dan akhirnya saya ambil buku, naro sepatu itu dan pake sepatu saya. Dan setelah balik, terlihat Lope Randi Maktal udah standby didepan 8A, takut ambil batas. Iya, gurunya adalah Pak Burhan.


"Mir! Cepetan ambil batas!"


"Tar dulu! Gua capek lari lari tal."


"Ayo dongg cepet."


Saya nitip buku saya di Lope. Dengan nafas yang ngos ngosan, sayapun nyamperin 8A.


"Assalamualaikum pak."


Pak Burhan nengok "Waalaikum salam."


"Pak, ambil batas."


"Itu itu ambil di tempat pensil bapak."


*diem*


"Batas pak?"


"Iya coba ambil itu didalem."


Saya gangerti. Sayapun ngangkat tempatpensil nya. Kirain dibawah gitu batasnya.


"Gaada?"


"Batas pak.."


"Oh batas! Batasnya disitu tuh di meja. Tapi nyanyi dulu."


"Aduh pak jadwal padet pak he he he ambil langsung ya."


"Yaudah masuk tuh ambil di meja."


"Oke!" 


Dengan semangat saya ngambil batasnya. Karena ga disuruh nyanyi. Peristiwa langka meeen. Randi Lope Maktal diluar udah bilang "Semangat mira!!" 


Dan pas ambil batasnya, dilihatlah Pak Burhan yang lagi nutup pintu dengan rapet lalu anak 3 itu teriak manggil nama saya "MIRAAAA!!!!"


"Nyanyi dulu. Gaboleh keluar." Kata beliau pake muka horror. Hening seketika. Saya jalan perlahan kearah pintu.


"Pak . Ganteng deh. Saya mau keluar dong."


"Nyanyi dulu didepan tuh. Ini resikonya kalo masuk kelas bapak."


Rasanya saya ingin menggaruk jidatnya Randi yang tadi kejedot.


Pintu pun saya buka setengah. Tapi masih dijaga Pak Burhan dengan ketat. Akhirnya mereka bertiga langsung ngintip. Kepala nyempil nyempil di pintu kayak Sushi rebus.


"Mir! Siniin batasnya!" kata Randi


Saya kasih batasnya.


"Oke. Mission Complete. Let's go." ujar Maktal.


Kampret sekampret kampretnya kampret. Mereka dapet batasnya saya masih dikurung disini -_-


Akhirnya Pak Burhan manggil mereka lagi "Heh, sini. Ga setia kawan. Udah diambilin batas kok ditinggalin temennya. Randi, nyanyi bareng Omi sini."


Saya dobrak pintu.


"Heh, jangan!"


Saya dobrak lagi. Masih ditahan. Maktal Lope Randi bergaya ala cheers. Cuman bedanya, ini yang bulu bulunya itu berupa buku pembatas.


"Eh jangan jangan sakit itu ntar bahu kamu."

"Yaudah bukain paaak."


"Nyanyi du..."


*dobrak lagi*


"Iya iya ini bukain nih keluar."


Oke saya berhasil keluar. Mereka bertiga bersorak sorak. Lalu Randi pasang muka masam.


"Kok pas saya nyanyi, saya gaboleh keluar pak? Kan saya juga mau dobrak pintu." Randi protes.


"Bapak kasian sama Omi."


"Sama saya enggak pak? Sama saya enggak?"


Pak Burhan nyengir. Randi main Ice Skating menuju toilet wanita. Lope sama Maktal ikutin, mau menghentikan Randi segera.




Apa yang terjadi dengan Randi? Entahlah, ia sangat berbeda hari ini.....

No comments:

Post a Comment